Senin, Februari 23, 2009

Dongeng Indonesia

Habis baca satu artikel di CosmoGirl baru sadar kalo Indo punya banyak dongeng cerita rakyat yang bermakna banget, pd masih inget ga yah? hehe.. berikut 3 yang muncul on top of my head:

"Si Malin Kundang"

Malin Kundang hanyalah anak dr seorg wanita miskin di kampungnya. Malin pergi merantau untuk mencari nafkah guna membantu meringankan beban ibunya. Berselang dengan waktu berjalan ia pun telah berhasil menjadi seorg yg kaya raya. Namun setiba kembalinya ia di kampung halamannya, ia menjadi malu untuk mengakui ibunya yang miskin, tua dan pakaiannya yang compang camping. Akibanya sang ibu pun mengutuk Malin dan Malin berubah menjadi batu.

Pelajaran:
Sesukses apapun kita di masa depan, jangan pernah lupa dengan jasa ortu yang udah besarin kita. Menghormati dan menyayangi ortu dlm situasi seperti apapun is a must! :)


"Bawang Merah dan Bawang Putih"

Bawang Merah (BW) selalu iri sama Bawang Putih (BP) sehingga ia selalu bertindak jahat dan berusaha merampas apapun yg dimiliki sama BP. Pada suatu hari BP menceritakan pada BW bahwa Buto Ijo memberikannya sebuah labu yang ternyata berisi perhiasan berharga.
Mendengar itu BW langsung berusaha mendapatkan labu dr Buto Ijo. Namun bukannya perhiasan yang ia temukan dlm labu, ia malah mendptkan ular2 yg menyeramkan. BW pun lari ketakutan... kesian dehhh... hehe...

Pelajaran:
Apa gunanya iri sama kebahagiaan org lain lebih2 lagi kalo itu adlh saudara kita sendiri?
Saudara itu bs menjadi teman di masa-masa suka dan duka. Syukurin apa yg sudah kita miliki dan dukung 100% keberhasilan saudara kita.


"Timun Mas"
Seorg raksasa memberikan bibit timun ajaib yg buahnya akan memberikan anak pd sepasang suami istri yang tdk mempunyai anak. Sebagai balasannya, mrk hrs mengembalikan anak mrk utk dimakan si raksasa ketika sang anak sdh dewasa. Timun Mas, anak dr tanaman timun ajaib itu tumbuh dewasa menjadi seorg putri yang baik hati. Pd saat raksasa meminta balasannya, suami istri itu memberikan bekal pd Timun Mas dan memintanya utk lari.
Ketika sang raksasa mengejar, Timun Mas berhasil menggunakan bekal dr ortunya untuk mengalahkan si raksasa. Timun Mas pun hidup berbahagia bersama ortunya.

Pelajaran:
Tdk ada ortu manapun di dunia ini yg rela sesuatu yg buruk terjadi pada anak kesayangannya (baca: kamu). Jadi kalo ortu sering beda pendapat sama kita atau ngelarang ini-itu, jgn dulu mengeluh atau marah krn mrk hanya berusaha melindungi kita. Coba diomongin dulu baik-baik ;)

Masih banyak lg deh cerita rakyat Indo yg ada yg ga kalah sama Cinderella dan Sleeping Beauty ;) Pesan-pesan moralnya jg bagus-bagus. Bangga jg donk jd anak bangsa ;)

1 komentar:

  1. baru aja minggu lalu ngeprint cerita malin kundang buat keponakan ngerjain tugas sekolah..
    iya nih orang tua adalah segala-galanya .. pinkan jangan nakal yaaa

    BalasHapus