Senin, Oktober 13, 2008

Review Laskar Pelangi



Pas weekend kemarin aku AKHIRNYA nonton Laskar Pelangi ma nyokab!
Stlh sebelumnya tiap ajakkin temen2 cowoku nonton (emang kebetulan aku lbh sering pergi sama tmn2 cowo), mrk pada gamau, malahan terakhir aku yg terpaksa ikutin mrk nonton Cinlok (hancur banget nih film! Sayang banget Tora Sudiro sama Luna Maya main film sekelas ginian…..)


Dan bener kan seperti dugaan dan harapan aku sblmnya, kalau aku pasti bakal puas banget nonton Laskar Pelangi! Dari dulu keinginan buat baca novelnya yg dikarang oleh Andrea Hirata ga kesampean (gara2 sibuk dan buku2 yg blm aku baca juga msh ngantri ^__^””) makanya pas filmnya keluar aku mau banget nonton ;) Aku sampe nangis loh nonton film ini… :P


Buat yg blm tau aku coba tulis preview-nya deh ya…


Film ini critaiin tentang perjuangan 2 org guru, Pak Harfan dan Bu Mus di Pulau Belitong, Sumatera, bersama ke-10 muridnya yg berasal dr keluarga miskin untuk tetap mempertahankan tetap berdirinya sekolah SD Muhammadiyah di daerah Gantong.
Orangtua mrk tetap menyekolahkan mrk krn tidak mau mereka jejaknya sama spt orangtuanya yg jadi kuli tambang timah, nelayan, atau pekerja kasar lainnya. Selama 5 tahun mrk sekolah situ tidak ada murid baru satupun yang mendaftar. Sekolah lain yg letaknya di kota dan jauh lbh berada yaitu SD Islami jauh lebih menarik banyak siswa.

Tapi perjuangan yg gigih dan semangat yg tdk kunjung padam dari kedua guru serta murid-murid itu yg dapat membuat kita terharu. Ruang kelas yang banjir dan bau tiap habis hujan, ikutan lomba 17 Agustus-an hanya berbekal daun pisang, cat, dan ide kreatif untuk menarikan tarian suku Asmat namun mampu membawa mereka menjadi juara mengalahkan SD Islami dengan grup marching band-nya, berhitung dengan menggunakan lidi berbeda dengan SD Islami yang mendapatkan kalkulator gratis dari sekolahnya, dan masih banyak lagi hal lain yang membuat kita-kita yg bersekolah di sekolah yg lebih baik bahkan bisa ke luar negri segala lebih menghargai apa yg telah kita punya skrg ini…



Aku suka pemandangan yg ada di Pulau Belitong yang dengan indahnya ditangkap oleh film ini (ga kalah sama pantai2 di luar negri deh). Kualitas gambarnya benar-benar bagus sekali.
Ceritanya juga bisa membuat penonton tertawa (contohnya saat Ikal jatuh cinta sama Aling hanya gara-gara awalnya melihat jari jemarinya dari lobang kecil tempat kasir di saat dia memberikan kepada Ikal sekotak kapur yang dipesan sama Bu Mus) dan juga menangis (Bu Mus yang menangis bahagia dan terharu saat melihat murid-muridnya tetap hadir dan belajar sendiri di kelas pd saat dimana dia yg justru tidak memiliki semangat lagi utk mengajar, perpisahan Lintang dengan teman-temannya krn kondisi keluarganya yg tdk memungkinkan dia untuk sekolah lg pdhl dia adlh murid yg sangat cerdas)…


Pokoknya alur ceritanya bagus deh dan sanggup membawa emosi penonton…

Aku bangga dengan Mira Lesmana dan Riri Riza yg membuat film ini dan tentunya Andrea Hirata jg sebagai sang pencetus ide awal cerita ini lewat karya novelnya… aku bangga dengan film Indonesia yg bermutu seperti ini, bahkan sampai SBY pun juga nonton! ;)

Saranku buat kalian yg blm nonton ya dicoba, bener2 bikin kita bersyukur dan menghargai jasa seorg guru jg deh ;)


~~~Main-main Master of Fantasy jg yukkkk =)~~~
Master of Fantasy-Free Download

0 komentar:

Posting Komentar