Selasa, Oktober 07, 2008

"Otak Kiri dan Kanan"


Seringkali tanggapan org tentang main game itu negatif.
Aku dulu juga kaya gitu, sebelum akhirnya nyobaiin sendiri, ketagihan, dan jg ngerasaiin manfaatnya hehehe… pokoknya prinsip aku selama itu tdk berlebihan dan hanya sebagai salah satu sumber hiburan sih ga masalah (aku blg ‘salah satu’, jdnya lbh baik ada sumber hiburan lain yg kalau bisa melibatkan teman-teman dan keluarga, jdnya ga kaya “autis” gt hehehe :P).


Salah satu manfaat main game itu contohnya merangsang kemampuan kita berpikir dan juga kreativitias kita yg mungkin ga bisa didapat dr kita belajar secara formal di sekolah atau kampus loh.


Main game itu salah satu bentuk penyaluran kreativitas yang menggunakan otak sisi kanan kita, jd kalau bilang main game cuma sekedar main itu salah tuh…

Otak sisi kanan itu kan berkaitan dengan kreativitas, w
arna, imajinasi, ritme, dan dimensi. Jd belahan otak kanan itu berfungsi kalau org menggambar, memeragakan, bermain, olahraga, bernyanyi, main musik, dan aktivitas motorik lainnya.


Sedangkan kalau otak sisi kiri itu berhubungan dgn logika, analisa, bahasa, rangkaian (sequence), dan matematika. Jd belahan otak kiri kita memberi respons dimana seseorg dibutuhkan untuk menganalisa, critiquing (membahas, mengupas sesutatu), menjelaskan, berdiskusi, dan judging (mutusin sesuatu).
Jd jelas aja kedua belahan otak ini sama2 penting dan sama kuatnya. Otak kiri dan kanan ini fungsinya saling melengkapi.

Dengan kalimat lain, ga baik jg kalo seseorg terus2an pake otak kirinya trs buat mikir sdgkan otak kanan (sisi kreativitasnya) mati, jdnya kalo sdg dibutuhkan ide-ide yg kreatif dia pasti bakal mundur duluan, ga asik jg kali yah mungkin jdnya pemikirrrr terusssss… cepet tua nanti…hahaha… :P


Well... intinya yah jgn judging kl main game itu udah pasti berdampak buruk duluan, krn bisa berfungsi sama aja spt menggambar, bermain musik, dan kegiatan lainnya yg melibatkan kreativitas dan berimajinasi lainnya jg ;)

2 komentar:

  1. Hahaha, setuju soal itu.
    Di Nintendo DS aja ada kan game Brain Age. Nggak cuma itu, dulu malah ada penelitian dokter bedah yang main game dan yang nggak. Ternyata yang main game lebih cekatan dalam mengoperasi pasien daripada yang nggak, soalnya motoriknya sudah terlatih berkat game ^^

    Anyway, nice blog! Keep writing ya!!

    BalasHapus
  2. Wuihhh.. beneran makanya main game jgn langsung direndahkan dl yah hehehe...

    Iya msh banyak tipe game lain yg ngelatih otak, contohnya game strategi kaya Age of Empires aja jg bs ngelatih otak kita dlm hal analytical thinking and thinking outside the box ;)

    Thanks lots Chandra buat comment-nya! Sering2 mampir and ksh comment yah ;)

    BalasHapus