Kamis, September 25, 2008

"Tipe-Tipe Game RPG"

Ok… udah saatnya aku nge-post new entry lagi stlh sibuk banget akhir-akhir ini sama persiapan exam sebelum libur lebaran! Belum lagi sibuk nyari sponsor buat acara Binus Cup. Acaranya sendiri masih Feb tahun depan, tapi dr skrg udah nyari2in sponsor cos ini acara bakal lumayan gede jadinya hrs disiapin matang-matang nih. Acara maen game untuk sementara ditunda demi mengejar nilai yg lebih berharga hahaha… kan gamau juga maen game trs2an malah nanti exam-ku fail!

Anyway.. skrg ini aku lg mau ambil kesempatan buat nge-post soal tipe-tipe game RPG (Role Playing Games). Kalau yg sudah sering main sih pasti udah familiar yah, tapi kalau buat yg baru awal-awal dan jg wanita, info kaya gini wajib nih diketahui ;)
Aku jg msh blm bs post smp detail bgt cos msh nyari2 tau lbh lg jg ;)



  • Turn Based RPG
Yang dimaksud dengan RPG Turn Based adalah RPG yang memiliki sistem battle bergantian dimana sebelum kita bisa menyerang musuh, harus menunggu giliran terlebih dahulu. Jadi (biasanya) karakter yang dimainkan bergerak, lalu musuh bergerak, karakter bergerak, musuh bergerak, ganti-gantian terus deh sampai akhirnya salah satu pihak kalah (antara karakter atau musuh). Nah game seperti Final Fantasy salah satunya nih.

Turn based ini jg ada alternatifnya misalnya ATB (Active Time Battle), yang pertama kali dikenalin di game Final Fantasy IV (diciptakan oleh Hiroyuki Ito untuk Square enix) dan juga kemudian di Xenogears dan Myth War II. Sistem ini tergolong yang paling mudah dan paling digemari dalam beberapa serial RPG. Kalau kalian mau tau lengkapnya apa itu ATB click disini .



  • Strategy RPG


Tipe RPG yang ini nih menantang banget buat para player untuk membuat strateg
i sebaik (dan sesabar) mungkin. Untuk player yang paling nggak tahan sama battle yang terlalu lama mendingan hindarin tipe ini. Masalah menang dan kalahnya ditentukan oleh sebaik apa para player menentukan strategi yang harus dijalankan, tidak selalu harus mengalahkan semua musuh. Salah satu RPG tipe ini adalah War Craft dan Final Fantasy Tactics.

Buat yg maen strategy RPG memang diharuskan menempatkan posisi petarung sebaik mun
gkin dan mencari strategi terbaik untuk menangin pertarungan. Sulitnya dalam RPG tipe ini, experience yang didapatkan biasanya hanya diberikan pada karakter yang melakukan tindakan. Bagi karakter yang diam saja, yah jangan harap bisa mendapat experience dan ini artinya tidak akan ada level up. Tapi hal yang menyenangkan dari strategy RPG adalah karakter yang bisa diletakkan dalam map battle tergolong banyak, biasanya sih sekitar 10 karakter ke atas.



  • Action RPG


Kalau yang satu ini merupakan gabungan antara gerakan cepat serta refleks dengan RPG misalnya Zelda yg lmyn ngetop jg di indo. Tapi dlm action-rpg juga mainnya ga asal gebak-gebuk mulu, ada plotnya juga, makanya disebutnya sebagai salah satu game jenis RPG. Trus yang bedaiin action-rpg dengan rpg lainnya adalah tingkat action yang ada. Action-RPG lebih dipusatkan pada kecepatan gerak dan keluwesan karakter dalam bertempur, makanya pada jaman awal muncul action rpg, ceritanya masih biasa-biasa saja. Lama kelamaan baru muncul cerita yang lebih bervariasi dan makin menyenangkan untuk dimainkan.



  • Online/offline RPG


Berkat kemajuan teknologi dan komputer, bermunculan jugalah RPG Online. Salah satu keunggulan (atau kekurangan, tergantung dilihat da
ri sisi mana) tipe online RPG adalah mereka tidak memiliki jalan cerita yang pasti atau akhir jalan cerita. Misi baru dan job baru bisa ditambah ditengah permainan, membuat permainan makin panjang dan makin menyenangkan. Selesai satu misi, bisa beralih ke misi lainnya. Tidak hanya itu, para player juga bisa melakukan chatting antar player dan membuat grup sendiri. Tidak ada karakter utama karena semua player bisa menjadikan karakter mereka sebagai karakter utama dalam skenario mereka masing-masing. Nah contoh buat game ini banyak di antaranya Ragnarok dan jg game Master Of Fantasy ( MOF) yg aku lagi maenin saat ini.


Misalnya kaya di MOF, buat nambahin level kita bisa ambil misi-misi (quest) yang diksh sama guru2 (NPC). Trs map-map barunya yg bisa dikunjungi jg banyak dan bakal msh ada trs nantinya yg dibuka sama developer-nya (Playon). Di game ini kita jg bisa bikin grup (circle) sendiri dgn cara ‘add friend’ pas kita main (bs yg kita udah kenal atau belum, kalo belum nah ini kesempatan buat dpt temen baru lwt internet ;)

Trs disini jg kita bs milih mau dalamin skills atau tingkatin level-nya. Bervariasi deh, ga ngebosenin maennya apalagi pas lebaran ini mrk ada buka Quest baru ngumpulin ketupat2 yg bs ditukerin ma Libi (uang) and bisa buat level brp aja! Post yg berikutnya aku bakal nulis ttg ini deh yah ;)


Sementara buat kalian yg tertarik tau lebih byk lagi soal game-game RPG, coba aja di-Google atau kesini HotGameOnline

0 komentar:

Posting Komentar